Langsung ke konten utama
- Diversifikasi Bisnis. Bagi
yang baru mulai bisnis, sebaiknya tidak langsung menjalankan
strategi bisnis ini. Saya sarankan lebih baik fokus terlebih
dahulu pada bisnis yang sedang dibangun. Mengapa? Sebab strategi
ini tergolong beresiko tinggi. Melakukan diversifikasi bisnis,
berarti anda membangun sebuah produk baru untuk dilempar ke pasar (yang
mungkin juga baru). Jika tidak dibarengi kesiapan yang baik, melakukan
diversifikasi dapat menggoyahkan bisnis anda
sebelumnya.
- Strategi
menyerang. Strategi bisnis ini biasanya dijalankan untuk memperbesar
tingkat penguasaan pasar. Pada strategi ini. biasanya promo besar-besaran
dengan segala macam taktiknya dijalankan. Salah satu contohnya seperti
menghadirkan program yang menarik bagi konsumen, seperti Beli 3 Gratis 1.
- Mengembangkan
pasar. Strategi yang ini relatif lebih kalem. Karena dengan produk yang
selama ini ada, pebisnis akan berupaya untuk mengeksplorasi pasar yang
selama ini digarapnya agar bisa lebih maksimal. Strategi ini perlu
kejelian dalam melihat pasar.
- Mengembangkan
produk. Berkebalikan dengan strategi bisnis mengembangkan
pasar, strategi ini melempar sebuah produk baru pada pasar yang selama ini
digarap. Kelebihan strategi bisnis ini
adalah karena pasarnya telah dikenali, sedang tantangannya adalah
bagaimana membuat produk baru tersebut bisa diterima oleh pasar.
Komentar
Posting Komentar